Rabu, 30 April 2008

perjalan mencari Tuhan (2)

tak ada yang abadi didunia ini.
sungguh, hanya Allah, Tuhan Yang tiada berawal dan Tiada Berakhirlah yang abadi.
semua hal didunia ini adalah relatif.

itu adalah kata kakak-2 SKI-ku dulu. sempat bingung sih. tapi Alhamdulillah ane sekarang dapat memahaminya, seperti ini.

jelaslah sudah, tak ada manusia yang memiliki umur yang panjang. paling-2 cuma di 3 generasi saja, ia sudah koid. musnah dan harus ditelan bumi. berteman cacing (bagi yang dikubur di tanah), berkawan dengan plankton laut (kalo yang mati tenggelam).
bukan cuma manusia, tanaman dan hewan pun juga bisa mati.

itu aku sudah paham. lalu apa makhluk nyata /real / konkrit saja saja yang bisa mati di dunia ini?

tidak tuh, sebuah peradaban pun juga ga abadi. dulu di Indonesia saja berada pada masa kerajaan sriwijaya ato mojopahit. lalu ketika islam datang, semua berubah. banyak yang pada akhirnya masuk islam. lalu mereka (kerjaan-kerajaan tadi, red) pun juga sudah musnah. mereka melarikan diri ke tengger atau daerah gunung bromo, lalu ke bali.
lepas itu, kita masuk pada masa penjajahan oleh para kompeni.
jaman pun berubah. kita dihantui oleh teror senjata (yang dianggap baru oleh masyarakat kita pada saat itu), feodalisme, dll. si pitung pun kewalahan menghadapinya. samson apalagi. si buta pun sembunyi di gua hiro (eh salah, gua hantu).
datanglah bung tomo yang dengan gagah berani mengatakan "rawe rawe rantas malang-malang putung. gemah ripah loh jinawi. bhineka tunggal ika. jalesveva jayamahe". halah. membakar semangat arek-2 suroboyo untuk terus berjuang demi kemerdekaan.
dst dst dst
kini kita hidup di era modern. kelewat modern malahan. semua pekerjaan bisa dilakukan dengan cuma "klik", atau kalo ga bisa, kamu harus punya "trik". tapi jangan salah, ada cara lain yaitu dengan "magic" biar "asik". hehehe. nyanyi yuuuuk.
semua masa berubah dari waktu ke waktu.

apa itu saja? adakah yang tidak abadi di dunia ini?

sifat.
kata-2 sifat yang kita kenal selama ini memang tidak kekal. jahat.cantik.cakep.pintar.bodoh.manis.pahit.dll, bahkan apa yang kita sering sebut dengan CINTA.
kenapa kok tidak kekal? terkadang apa yang kita liat buruk, itu belum tentu buruk. dan apa yang kita lihat baik, belum tentu itu baik.
"bohong" misalnya. belum tentu itu buruk. terkadang disaat-saat tertentu, kita harus berbohong.
"cinta" misalnya. apa bisa kita mencintai pasangan kita sampai usia senja?. karena cinta kita itu akan musnah.
hanya cinta padaNya saja yang taka akan bisa berakhir.hanya cinta pada yang tiada Akhir maka cinta itu tak akan pernah berakhir.

tiada yang kekal didunia ini.
memang terbukti sudah. Tuhan Ada. ada beserta segala sifat-sifatNya yang kekal dan Abadi. Mutlak.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda