Rabu, 02 April 2008

sound for your mind

masih tentang persiapan Unas.
salah satu trik dalam belajar adalah sambil mendengarkan musik.
ya, musik ternyata cukup ampuh untuk "mencantolkan"apa yang kita pelajari. pernah dengar istilah "cantol" sebelumnya kan?. jadi cara bekerjanya seperti ini. kalo kita sering mendengarkan musik, maka kita akan hafal setiap detail dari musik itu. liriknya, nadanya. terkadang ketika musik itu berhenti di tengah jalan, tapi kita masih bisa menyanyikannya bukan?. atau bahkan ketika musik itu tidak kita mainkan sekalipun, kita masih bisa memainkannya di pikiran kita.
musik. sangat ampuh untuk meningkatkan mental kita. sebelumnya, perlu diperhatikan, "mental"disini bukan berarti mental dalam arti keberanian seperti yang sering kita ketahui. mental disini adalah kemampuan untuk menjangkau alam bawah sadar, baik secara audio maupun visual.

masuknya musik dalam mental kita inilah yang kita manfaatkan sebagai cantolan untuk mencantolkan ilmu yang ingin kita pelajari. seperti mencantolkan pakaian pada hanger.

jadi inget. dulu guruku selalu bertanya untuk meyakinkan muridnya dengan pertanyaan "mudeng?", "nyantol?", "ceto?". sekarang aku baru tahu artinya nyantol itu apa. hehehe.

kembali lagi. dengan demikian maka antara musik dan apa yang kita pelajari sudah "ngeblend" alias nyampur. nah kalo sudah campur, kita tinggal membuka kembali memory kita hanya dengan memainkan musik yang telah kita ketahui ke dalam pikiran kita.

ternyata cara ini cukup ampuh. dulu ketika unas,aku selalu menyanyikan dalam hati lagu apa yang selama aku belajar, aku mainkan. saat itu aku memainkan lagu-2nya AADC karena memang dirumah cuma punya kaset itu. selebihnya lagu-2 hard rock milik kakakku. dan alhasil aku menjai lebih ingat apa yang aku pelajari, dan tentunya lebih santai.

dengan bernyanyi sendiri akhirnya aku bisa bersikap cuek bebek. masalahnya aku bukan tipe orang yang suka mencontoh hasil orang lain. orang lain boleh lihat punyaku, tapi aku tidak mau melihat hasil mereka. kalaupun aku bertanya, itupun untuk meyakinkan diriku saja. prinsipku adalah "lebih baik nilai A tapi hasil sendiri, daripada nilai E tapi hasil nyontek". hehehe, ya iyaaaaalaaaaaaaah!!!.
nah dengan cuek bebek itu, aku bisa lebih tenang, ga merasa terganggu teman-2 yang sedang ribut. bahkan jika aku bisa mengerjakan soal dengan baik, aku berkata "YES!!!". walaupun tidak keras, tapi cukup membuat teman-teman merasa minder. hehehe. (tapi sebenarnya maksudku bukan untuk membuat teman-teman minder lho. aku cuma mau menyemangati mereka saja).

lalu musik apa?
saya sarankan musik yang anda "setel" adalah musik jenis instrumen. karena musik ini sangat bagus untuk digunakan sistem cantol. selain itu, cari musik instrumen yang bisa menenangkan jiwa dan pikiran kita. jangan malah merusak pikiran kita. ini adalah beberapa lagu yang saya sarankan:
* waltz in - Yanni
* one man's dream - Yanni
* Adagio in C minor - yanni
* sozo - Kitaro
kenapa? keempat lagu itu adalah lagu-lagu yang mampu membawa kita pada emosi-emosi tertentu. jadi bukan cuma tenang, tapi juga terkadang lagu itu membawa kita ke kedinamisan. coba deh.

musik. masih menyimpan rahasia. bagi beberapa ulama, musik dilarang. sebagian tidak. namun lebih dari itu, saya memandangnya dari sisi manfaat. jika manfaatnya lebih banyak, maka saya pikir masih sah-2 saja.
bicara tentang manfaat, saya pernah membaca buku tentang pengaruh musik dengan pikiran. ada sebuah penelitian pada 2 benih tanaman yang sama, kualitas yang sama, ditanam di tanah dengan kualitas yang sama, sinar yang sama, dll semuanya sama. hanya saja, yang satu tiap hari diperdengarkan musik instrument halus ala orkestra, sedang yang satu diperdengarkan lagu hard rock. dalam beberapa waktu, pertumbuhan mereka terdapat perbedaan. yang sering diperdengarkan instrument jauh lebih besar dengan bunga-2 indah tumbuh diujung-2nya. sedang yang satunya pertumbuhannya lambat. kecil dan kering.

so??

kenapa tidak belajar sambil mendengarkan istrument?

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda