Senin, 07 April 2008

jalankan peran hidupmu!!!!

dunia ini memang panggung sandiwara. awalnya aku merasa kalimat itu hanya sekedar bait pertama di lagunya Achmad Albar saja. sebait kalimat yang bagus untuk mengantarkan si pendengar ke reff.

dalam setiap sandiwara, jelas, kita membutuhkan apa yang dinamakan "peran". mendengar kata peran, bukan sekali bagiku. berkali-kali. terutama dulu ketika aku masih aktif di teater sekolahku. namun apa arti kata "peran" bagi kehidupan ini. is there any connection?

jika kita menghubungkan antara dunia sebagai panggung sandiwara dan "peran", maka sudah jelas bahwa dunia ini membutuhkan orang-orang untuk berperan sesuai dengan perannya masing-2.

peran. apa peran hidupmu?. satu hal yang aku dapatkan dari pengalaman hidupku yakni: peran apapun itu yang ingin kita lakoni, itu semua tergantung dari pilihan kita. memang benar kata orang sukses, bahwa hidup adalah sebuah pilihan. kita ingin berperan sebagai antagonis, bisa. menjadi lakon pahlawan kehidupan, juga bisa. tergantung dari kita. pengalaman ini saya dapatkan ketika mendengar cerita ini:

ada 2 anak kembar, si A dan si B.dalam pertumbuhannya, si A mendapatkan kesuksesan dalam hidupnya. ia mendapatkan karir yang mantap, keluarga yang harmonis, memiliki kehidupan materi yang jauh lebih dari sekedar cukup, sering beramal kesana kemari, dll. berbeda 180 derajat, si B tumbuh menjadi orang yang liar, pemabuk, kriminal, dll.

ketika mereka ditanya dengan pertanyaan yang sama: "kenapa anda menjadi seperti ini?". mengejutkan! si A dan si b menjawab dengan jawaban yang sama pula :"karena ayahku seorang pemabuk dan kriminal".

sohib, dengan kondisi yang sama, kita bisa memilih untuk bersikap yang berbeda. kita bisa ini, bisa itu, dll, semua tergantung dari apa yang ingin kita jalani. itulah yang dinamakan peran hidup.

kabar baik, sekaligus buruknya adalah kita adalah pemain, penulis naskah, sekaligus sutradara dalam panggung sandiwara kita sendiri. tak ada yang bisa mempengaruhi kita kecuali diri kita sendiri. bukan orang tua, saudara, teman, atau siapapun. bahkan kahlil gibran mengatakan "orang lain bisa memukul badanku, namun tidak jiwa dan pikiranku". artinya tak ada siapapun yang berkuasa atas diri kita kecuali kita dan Tuhan. sehingga memang benar ayat Allah dalam Surat Ar Ra'd-11 (mudah-mudahan benar) yang mengatakan bahwa Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai kaum itu mengubahnya sendiri.

bagaimana kamu menjalani peranmu?. tanpa bermaksud apa-apa, aku cuma mau share saja bagaimana perjalanku untuk menemukan peran hidupku.

aku tidak tahu apa kemampuanku, hingga aku pun tak mampu untuk menentukan peran apa yang ingin aku pilih. dari kecil aku suka berhitung. nilai ujian, baik ujian sekolah maupun nasional, aku selalu mendapatkan nilai tertinggi, bahkan nilai unasku 10 bulat. lalu, apa aku harus menjadi guru matematika atau pakar matematika?. namun aku tidak suka dunia yang monoton seperti matematika ini. aku harus mencari yang lain.

aku sekolah di STM jurusan elektronika. walaupun tidak seberapa mahir jika dibandingkan dengan teman-teman, namun aku juga tidak terlalu buruk. paling tidak aku pun juga menguasai prinsip-prinsip elektronika. aku dijagokan guruku untuk ikut ajang bergengsi anak-anak SMK yakni PKS ato LKS (lomba keterampilan Siswa). cukup membuktikan kalo aku mampu dibidang ini. apakah aku harus bekerja menjadi teknisielektro seperti teman-teman?. namun aku tidak terlalu suka berhubungan dengan benda mati seperti IC, transistor, kondensator, kabel, dll. aku harus mencari yang lain.

aku suka jalan-jalan. naik gunung, berkemah, menjelajahi kota dan daerah-daerah baru, dll. naik gunung menjadi kegiatan rutinku setiap liburan sekolah. entah bareng dengan anak-anak SKI, PMR, ataupun bareng ma teman-teman dekat. aku juga pernah roadshow keliling jawa dalam beberapa minggu dengan hanya bermodal 500 ribu. mulai dari surabaya ke barat, melewati madiun, solo, jogja, tasikmalaya, bandung dan berhenti di jakarta lalu kemabali lagi ke surabaya. perjalanan mengunjungi rumah teman-2 itu cukup mengasikkan. aku suka jalan-jalan dan menjelajahi daerah baru. apa aku harus menjadi pemandu wisata?namun aku sadar aku masih belum berguna jika aku mengambil peran ini. aku harus mencari yang lain.

aku pernah menjadi sales dengan menjalani profesi sebagai distributor MLM. High Desert namanya. bukan untuk mencari duit, bukan pula ketenaran. aku cuma mencari peran yang pas untukku. disana, aku bisa membantu orang untuk menjadi lebih sehat melalui madunya yang sampai saat ini kalo boleh jujur, takada yang bisa menandinginya (menurutku). banyak sekali testimoni yang aku temui mulai dari gagal ginjal, jantung, kolesterol, dll. ada satu pelangganku yang tak akan pernah aku lupakan adalah ketika urat saraf tertawanya putus. aduh, sumpah konyol sekali. dia tak berhenti tertawa. walaupun bicara biasa, ia masih juga tertawa. disana, aku juga bisa membangun sebuah jaringan bisnis yang cukup kuat dan banyak. ketika aku meninggalkan bisnis itu saja aku mampu memiliki jaringan lebih dari 1800 orang yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan ada salah seorang gubernur yang masuk di jaringanku. membanggakan memang. apakah aku harus menjadi sales terus? tentu saja tidak, karena aku masih ingin menjadi seseorang yang berguna bagi orang lain. aku harus mencari yang lain.

saiful, teman baikku sejak SMP, meninggal ketika baru saja lulus SMA. aku cukup shock. anak seusia dia bisa meninggal, maka sepertinya aku pun juga berkesempatan untuk bisa meninggal pula. ah, aku masih belum siap. kata orang, amalan yang tidak pernah putus, meskipun dia meninggal adalah, amal jariah, doa anak sholeh serta ilmu yang bermanfaat.

amal jariah. aku bukan orang kaya yang bisa memberi banyak pada orang miskin.
anak sholeh. wah belum tentu aku punya anak. kalaupun punya, belum tentu anakku tumbuh menjadi anak soleh.
ilmu yang bermanfaat. aku mencoba mencari "celah", peran apa yang bisa aku ambil untuk ilmu yang bermanfaat ini. aha, lalu tercetuslah untuk berperan disini. aku ingin menjadi guru. guru bagi orang-orang yang tak mampu. guru yang berada jauh di pedalaman (karena aku suka alam dan penjelajahan).

tekad ini pun aku bulatkan bagai membaca sebuah proklamasi. agak telat memang. lalu aku mencari jalan untuk bisa kuliah. aku mencari beasiswa, donatur, sponsor atau apapunlah yang bisa membiayai kuliahku. dan akhirnya melalui perjuangan yang sangat panjang aku mendapatkan beasiswa.
lebih dari sekedar beasiswa, aku dikuliahkan di ITS. lebih dari itu, aku berada di jurusan dimana semua orang-orang kreatif berkumpul, desain komunikasi visual. lebih dari itu, aku mendapatkan uang saku tiap bulannya. lebih dari itu, aku bisa langsung dapat kerja, sebagai PNS. lebih dari itu, PNS yang kudapat adalah menjadi seorang guru. subhanallah, sebuah nikmat yang bertubi-tubi.

lalu satu lagi doaku, aku ingin menjadi guru di pedalaman. tak lama setelah aku berdoa, pak Akhlus menawarkanku untuk mengajar di daerah perbatasan RI. luar biasa. aku langsung ambil tantangan itu, yang ternyata hingga saat ini baru aku saja yang mendaftar. aku akan membawa bendera Indonesia di perbatasan.
sohib, doakan aku ya agar aku bisa menjalani ini semua. aku pun juga sedang mencari sponsor atau donatur untuk memfasilitasiku.

tak berhenti disini, aku mencoba untuk memaksimalkan peranku dengan mendirikan sekolah gratis bagi anak yatim dan tak mampu. saat ini aku bersama kawan-kawan sedang meritis langkah menuju kesana dengan mendirikan bimbingan belajar gratis terlebih dahulu. foto-2 dibawah blog ini adalah foto sebagian dari murid-murid binaku.

tak berhenti sampai disini, aku ingin mencoba "mencerahkan" duniaku dengan menulis. blog, salah satu saranaku. sebuah blog yang beisi tentang hasil renungan, ilmu yang bermanfaat, dll. kedepannya, aku mau nulis buku. thank to Elin dan Ayos yang mendorongku untuk mau membuat blog. dulu aku merasa, tulisanku hanya untukku sendiri, namun 2 orang ini membuka pikiranku.

begitulah kisah pencarian "peran"ku. semoga bermanfaat. aku ingin mengajak semua teman-teman untuk menemukan perannya, dan memaksimalkan peran itu. dan aku siap untuk berdiskusi.

sukses!!! see you at the top of success!!!

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda