Senin, 31 Maret 2008

siap UNAS (masalah, tips dan trik)

kemarin, bareng mas Budi Pangestu ngisi training di royal plaza. ga lain ga bukan adalah tentang motivasi menghadapi Unas.
wah cukup menyedihkan ternyata. banyak sekali teman-teman yang ga siap. duh gimana ya? padahal kan kurang beberapa hari lagi. tul ga sih!!
siap ga siap emang harus siap.
sebagai guru les profesional, aku pun juga sedang menyiapkan muridku biar bisa lulus unas. jujur aku merasa anak sekarang aneh-2.
anak dulu, ga pernah ikut les. ga pernah punya buku. pelajarannya susah. yang di ujiankan ada 6 pelajaran. tapi Alhamdulillah semuanya lancar-2 saja.
anak sekarang, udah ikut bimbel di sekolah, di lembaga lain. ikut privat. buku lengkap. fasilitas komplit. internet tersedia. yang di ujiankan cuma 4 pelajaran (untuk SMP). mana pelajarannya sumpah, gampang banget. eh, masih ada aja yang ga lulus. kira-2 kenapa ya?

kalo dibandingkan ebtanas mat SMP skr dg jamanku dulu,yang skr jauh lebih mudah. skr ni yg jelas udah ga ada lagi logaritma, persamaan kuadrat, jurusan 3 angka, trigonometri, basis bilangan, dll. tuh kan!!! pelajaran yang susah-2nya dah ga ada lagi, so? apa yang ditakutkan?

ehm, kalao boleh menganalisis, ada beberapa kesalahan pada adik-2 kita, yakni:

1. mereka cenderung menghafal soal, bukan rumusnya atau prinsipnya. sehingga ketika soal di ubah, mereka jadi bingung

2. bimbingan belajar di lembaga-2 hanya mengajrkan fastest solution saja, tanpa dipahami bahwa solusi itu berlaku hanya pada beberapa kasus, dan tidak berlaku pada kasus-2 yang lain. lucu memang, seperti membohongi anak kecil dengan permainan sulap yang mengesankan mata. padahal tipuan saja.

3. pendidikan sekolah membuat anak selalu dalam kondisi ketakutan. oh guru, pahamilah bahwa otak kita bekerja maksimal ketika kita sedang dalam keadaan FUN. dalam keadaan takut, otak kita tegang. pun juga syaraf-2 yang ada di dalamnya. sehingga otak tak mampu lagi berpikir. so, ajari murid kita untuk selalu dalam kondisi fresh. jangan biarkan mereka ketakutan. kuatkan hati mereka.

4. manja. jangankan adik-2 yang sekarang masih sekolah. aku juga menemukan teman-teman kuliah yang masih belum bisa mandiri. sudah deh, mau taruhan berapa, orang yang mandiri akan bisa mampu menghadapi masalah daripada orang yang manja. permasalahannya sekarang adalah, nilai kemandirian semakin lama semakin berkurang. jadi mau tak mau, kita harus membuat sebuah REVOLUSI PIKIRAN dan KEPRIBADIAN. sesegera mungkin. para guru, harus berani mengajarkannya. tuntun murid kita untuk bisa mandiri. putuskan segera "tali setan" itu.

5. asupan gizi kurang. dari muridku aku tahu bahwa kegiatan anak sekarang sangat padat. pagi sekolah, pulang langsung bimbel sekolah. lalu pulang sebentar, makan (kalo sempat) dan berangkat ke lembaga bimbel. habis magrib les privat, setelah itu kerjakan PR. begitu sehari-2. minggu pun harus ada tryout, kerjakan tugas-2, ekskul.
pun begitu, kandungan gizinya kurang. sehingga antara in dan out nya tidak seimbang.


so?????????

nih tips menghadapi unas dan kerjakan unas. buat kamu yang masih sekolah, simak baik-2 ya!!

1. coba buat catatan di selembar kertas kecil. tulis rumus-2 yang kamu anggap susah untuk dihafalkan. misalnya nih, rumus tentang persamaan garis lurus. tulis aja.
ni kertas bukan buat ngerpek, tapi buat belajar kapanpun dimanapun. penting nih. coba aja. daripada kamu ngegosipin guru, teman, dll pas waktu kosong. kan mending baca catatan kecil. daripada " ek ok"(BAB) sambil ngelamun jorok. kan mending baca. kenapa kok di kertas kecil? sekarang bayangin, enak mana mau baca tulisan di kertas kecil atau di buku tebal?
2. menghemat waktu ketika kerjakan soal. anak yang memiliki nilai yang buruk, bukan berarti dia bodoh. hanya saja mungkin kurang bisa menyiasati waktu. si nilai bagus, dia bisa mengerjakan semua soal dengan waktu yang ditentukan. ni ada beberapa tips buat kamu.

*. jangan langsung memenuhi lingkaran. beri titik saja pada jawabannya. penuhi titik itu ketika 10 menit terakhir. biasanya kita tidak yakin jawaban kita benar, lalu dihapus. itu akan buang-2 waktu dan merusak kertas. lebih baik di beri tanda dulu, baru nanti menjelang akhir kita penuhi lingkarannya. pasti menghemat waktu
*. lompati aja soal yang kamu kira agak susah. jangan dipikir terus. soal yang lain dan bisa memberimu nilai masih setia menunggumu.
*. dalam menghitung, minimalkan menulis soal lagi. biasanya kita disuruh menulis "dik", "dit", dan "jawab". tapi kali ini kita harus menulisnya di pikiran kita.
*. baca soal dengan seksama. banyak soal yang menjerumuskan kita. jadi, sebelum mengerjakan soal, kita juga harus melihat model jawabannya seperti apa. penting untuk menghemat waktu. seperti matematika atau fisika misalnya. lihat dulu, jawabannya diminta dalam model apa (semisal, hitungan centimeter, meter, dll). seketika itu juga,kita harus mengerjakannya dalam bentuk sesuai yang diinginkan.
*. hindari mengoreksi lagi soal yang sudah dikerjakan SEBELUM MENGERJAKAN SEMUA SOAL. biarkan yang lalu itu berlalu (cieeehhhhh). lakukan koreksi ketika soal sudah kamu kerjakan semua.

3.jangan lupa bawa jam tangan. atau kalo perlu jam dinding rumahmu tu bawa aja sekalian.hehehe

4. minum vitamin dong. tanpa bermaksud untuk berpromosi, tapi aku selalu menyarankan murid-2ku untuk minum POLLENERGY produknya MLM HD, atau SuperGreen Food produknya MLM KK. khusus untuk Supergreen food ada vitamin mata juga lho. jadi bagus banget buat kamu yang ada masalah di mata. jangan sampai ketika ujian, kamu melihat angka 3 seperti angka 8. gawat men!!! hehehe. vitamin tu berguna untuk melancarkan peredaran darah yang ke otakmu.

5. tahajud. buat kamu yang muslim, ni cara yang paling ampuh. sumpah. aku ga pernah melewatkan ujianku tanpa tahajud (eit bener ga ya? hehehe aku lupa. tapi insya Allah ya). ga ada yang ga mungkin bagi Allah. pernah denger, anak yang sehari-2nya biasa, eh nilai unasnya jauh lebih bagus dari yang selama sekolah selalu rangking?. bisa aja selama ujian tu, dia lagi berbuat baik pada Allah, ortu, pengemis, dll, jadi pas ujian, Allah kasih kemudahan. tapi tetep.......belajar men!

ok deh. sementara ini dulu. nti disambung lagi.

Label:

3 Komentar:

Anonymous Akhmad Guntar mengatakan...

posting yg amat bagus, harusnya ini dikasihkan utk ditempel ke mading sekolah. Menarik juga perihal gizi jadi bahasan, dan saya amat sepakat. Termasuk terkait atmosfer belajar yg harusnya FUN. Krn klo siswa berada dalam tekanan, kemampuan utk berpikir kritis (High Order THinking Skill) dia akan mengkerut dan menurun drastis.

Senin, Maret 31, 2008 9:28:00 AM  
Anonymous Mr. Ius mengatakan...

Y mas, postingan yg amat bagus.
Saya Pelajar SMP yg akan menghadapi UNAS. Tips-nya luar biasa. Mengenai tahajud OK, tp vitamin itu apa pengaruhnya? Tolong jelaskan!
Bagaimana caranya membuat diri saya FUN?

Tolong kirim jawaban ke:
adiboyz@gmail.com

Thax y!

Selasa, Februari 24, 2009 11:24:00 AM  
Blogger ghosty1st mengatakan...

wah adik ius memeang luarbiasa.....
vitamin itu sangat berguna,
otak kita, layaknya bagian tubuh yang lain, membutuhkan gizi yang didapatkan dari vitamin-2 yang kita makan. initnya adalah perlakukan otak kita sebagai bagian dari tubuh kitA.
satu hal lagi, kondisi fisik itu mempengaruhi psikis, dan psikis mempengaruhi fisik. pernah ga merasa kalo kita capek, trus kita stress?
ato pernah ga merasa kalo kita stress, maka kita jadi sakit. so, jaga kesehatan tubuh menghadapi unas, ok!!!!sukses ya....

Kamis, Februari 26, 2009 1:47:00 AM  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda