Minggu, 29 Juni 2008

Tadzabur Alam

Tadabbur alam.
Rasanya sangat tepat kata ini aku jadikan tema dalam liburanku kali ini. Berawal dari sebuah keyakinan bahwa dengan dengan mengenal alam ini, maka aku akan lebih mengenal Tuhanku.

Melihat ciptaanNya yang sungguh luarbiasa besar ini, aku semakin kagum betapa Sang Pencipta alam ini, jauh lebih besar dari ciptaanNya.
Melihat alamNya yang sungguh luarbiasa indah ini, aku semakin percaya bahwa Tuhanku adalah desainer yang sangat luarbiasa Maha Indahnya.

Jalan-jalan bagiku adalah ajang untuk mendekatkan diri padaNya. Bukan sekedar senang-senang, atau menghamburkan uang, tetapi lebih jauh dari itu, aku selalu mencari bukti dan pembenaran bahwa diri ini sangatlah kecil dihadapanNya. Betapa tidak, dunia yang selama ini aku ketahui hanya sebesar Surabaya, atau sampai di Jakarta saja, ternyata salah. Dunia ini sangat besar untuk dilabuhi.

Aku juga ingin mengenal makhluk Tuhan yang lain. Meski dalam ujud manusia yang sama sepertiku, namun ternyata Tuhan masih menyisakan banyak rahasia dibalik penciptaanNya terhadap manusia.
Manusia yang selama ini aku ketahui hanya sekedar suku jawa saja, ternyata salah. Manusia ini banyak sekali. Di bali, aku menemukan orang-orang dengan logat yang beda dengan jawa. Aku juga bertemu turis yang (ternyata)memang benar, mereka sama sekali berbeda dengan kita (kulitnya, cara bicara, bahasa, gaya pemikiran, dll).
Aku juga bertemu suku primitive di lombok. Juga jauh sangat berbeda.

Aku lihat wajah, kulit, tinggi badan, model rambut, dll, setiap dari kita berbeda. Subhanallah, Allahuakbar, Maha besar Engkau atas segala penciptaanMu. Sebuah pertanyaan besar merongrong dalam benakku, BAGAIMANA BISA SEORANG YANG BUKAN TUHAN, MENCIPTAKAN MANUSIA YANG BERBEDA-BEDA SEJUMLAH SEPERTI INI?. Sungguh hanya Engkau yang bisa, Tuhanku.

Yup. Tidak usah berlama-lama lagi, inilah kisah perjalananku selama 11 hari.

Label:

1 Komentar:

Blogger Astro Vanessa mengatakan...

halo my brooo, OOhhhh... i can't speak anything, but Subhanallah... Fantastic adventure....!!!!
wah jiwa adventurous kembali bangkit!!! bukan hanya untuk having fun aja, tapi juga supaya kita semua sadar betapa kayanya negara kita...dan betapa Maha Besarnya Allah SWT

Great!!

Minggu, Oktober 05, 2008 11:02:00 PM  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda