Jumat, 25 Januari 2008

obat dari Lebah


Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan. (QS. An-Nahl, 16: 69)

satu hal yang paling aku percaya di dunia ini adalah bahwa Allah kalo kasih penyakit, pasti satu paket dengan obatnya. nah dari ayat di atas dengan jelas, bagi siapa saja yang mau berpikir, di pasti milih produk-2 lebah sebagai obat yang paling mujarab yang pernah diturunkan oleh Allah.

dari ayat itu juga kita bisa tahu, kalo lebah tu ga cuma mengahsilkan madu aja, tapi macam-2.
sebagai mantan sales produk madu, perlu aku share kalo lebah itu juga menghasilkan:

1. propolis

Propolis berasal dari bahasa Yunani yaitu "pro" (sebelum) dan "polis" (kota). artinya "sebelum masuk sarang lebah", yang bermakna pelindung sarang lebah dari faktor-faktor berbahaya yang terdapat di luar sarang.

Propolis merupakan substansi resin (sejenis getah tanaman) yang berasal dari kulit kayu dan pucuk-pucuk tanaman, terutama dari tanaman poplar (Populus spp.), birch (Betula spp.), atau conifer (sejenis pinus), yang dikumpulkan oleh lebah dan kemudian dicampur dengan lilin dan air liur lebah. Propolis digunakan untuk melindungi pintu sarang lebah yang mana akan mensterilkan setiap lebah yang masuk. Selain itu lebah juga menggunakan propolis untuk memperbaiki sarang mereka yang retak atau rusak.

2. serbuk sari bunga (pollen)
Pollen adalah serbuk berwarna emas atau kecoklatan, merupakan serbuk sari jantan pada bunga, yang dibutuhkan dalam proses penyerbukan. Setiap butir pollen men-gandung 500.000 hingga 5 juta spora pollen yang masing-masing kaya akan kandungan nutrisi dan memiliki kemampuan untuk bereproduksi.

Lebah mengumpulkan pollen sebagai sumber makanan mereka selain madu, dan lebah hanya mengumpulkan pollen yang berkualitas baik, kemudian mencampurkannya dengan nektar bunga dan air liurnya, mem-bentuk makanan yang sempurna. Lebah membutuhkan pollen sebagai sumber energi pada saat mereka bekerja.

3. Royal Jelly
Royal jelly dikenal juga dengan sebutan susu lebah karena warnanya yang mirip dengan warna susu, dihasilkan dari kelenjar hipofaringeal yang terdapat di bagian kepala lebah perawat, yang merupakan makanan bagi para lebah dan ratu lebah.

Secara genetik, telur ratu lebah identik dengan telur lebah betina lainnya. Tetapi lebah pekerja (betina) hanya mengonsumsi royal jelly selama tiga hari pada fase larva, sementara ratu lebah mengonsumsi royal jelly sepanjang hidupnya.

Royal jelly membuat ratu lebah memiliki banyak keunggulan dibandingkan lebah betina lainnya, yaitu ratu lebah berusia 40 kali lebih lama dibanding lebah pekerja (4-6 tahun dibandingkan 5-6 minggu), dan dapat menghasilkan telur hingga 2,000 telur per harinya, sementara lebah betina yang lain tidak meng-hasilkan telur atau mandul. Sungguh luar biasa!

btw, aku jualan produk-2 itu loh!!!
ada yang mau beli? hehehe

Label:

3 Komentar:

Blogger sandalmerah... mengatakan...

postingannya gusti banget nih!
heeheheheee...;p

bagus ko, Gus...
menambah pengetahuan...
tapi rada berat...
coba sekali-sekali disisipi cerita2 yang ringan, yang rada lucu (tapi gak jayus...)
tapi kalu emang udah dikonsep postinganmu kaya gini ya gak pa-pa...
semangat ya...^_^

Sabtu, Januari 26, 2008 6:23:00 AM  
Blogger ghosty1st mengatakan...

ya sich ning, thanks banget atas masukannya. maklu, masih belajr. jaman eyang dulu, ga usum blog kayak gini. yang ada malahan di ejek go blog.

aq pingin mengedukasi semua, termasuk aku sendiri.tapi aku berusaha kok gmn caranya ngemas sebagus mungkin. oya, kamu aku link gpp ya!!!

Minggu, Januari 27, 2008 12:20:00 AM  
Blogger sandalmerah... mengatakan...

iyuk...gpp...
kau juga udah tak link...hehe...;p

yang cerita tentang Ayah itu...
inspirator banget ya...^_^

Minggu, Januari 27, 2008 8:36:00 PM  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda